Strategi pengelolaan vendor perusahaan yang efektif dan efisien, senantiasa akan memberikan nilai tambah sekaligus meningkatkan daya saing perusahaan. Di era kompetisi bisnis dewasa ini, pengelolaan vendor menjadi sangat signifikan. Biaya material di hampir semua perusahaan manufaktur berkisar antara 40% dan 80% dari harga pokok penjualan (Cost of Goods Sold). Oleh karena itu, salah satu penekanan biaya produksi harus difokuskan pada proses pengadaan material. Program vendor management ini mencakup bagaimana melakukan seleksi vendor yang efektif, vendor evaluation, vendor development dan improvement, serta vendor audit dan monitoring kinerjanya.
Deskripsi
Tujuan
- Memahami cara menerapkan program vendor management secara efektif
- Memahami pelaksanaan vendor evaluation, vendor development, dan vendor audit serta monitoring kinerjanya.
- Memahami cara menyusun dan mengembangkan program mendokumentasikan program evaluasi pemasok
Materi
- Vendor selection yang efektif
- Alasan penerapan evaluasi pemasok
- Kebijakan dan metodologi evaluasi pemasok
- Kriteria evaluasi dan analisa keputusan
- Vendor development dan improvement
- Kerjasama antar vendor
- Coaching skill for vendor improvement
- Vendor audit dan monitoring
- Menjalankan audit mutu pemasok
- Pengembangan kompetensi vendor
Metode
- Pre-test
- Presentation
- Discussion
- Case Study
- Post-test
Fasilitas Training
- Training Amenities
- Training Kit (Tas, Hand out, Flashdisk, Block note, Pulpen, dll)
- Certificate
- Souvenir
- 2x Coffee Break, 1x Lunch
Running minimal dengan 5 peserta yang mendaftar.