Salah satu fungsi dari humas atau public relation adalah untuk menciptakan citra
positif organisasi/perusahaan kepada publik (masyarakat). Dengan terbangunnya citra
yang positif maka akan memberikan dampak bagi kelangsungan hidup perusahaan
sehingga dapat terus meningkatkan kreativitasnya bahkan memberikan manfaat lebih
bagi orang lain.
Diera informasi seperti saat ini, dimana arus informasi sudah semakin cepat
bahkan cenderung tidak terkontrol, sudah selayaknya setiap perusahaan mulai
mempertimbangkan untuk dapat memaksimalkan peran media sebagai alat untuk
membangun citra perusahaan dan berperan dalam mendorong pertumbuhan perusahaan
sehingga pada akhirnya dapat membantu aktifitas pemasaran produk dan jasa yang
menjadi urat nadinya perusahaan.
Tujuan
- Peserta pelatihan mampu memahami bahwa kampanye public relations yang terencana seringkali jauh lebih efektif daripada iklan.
- Peserta pelatihan mampu mengembangkan dan menciptakan inti dari kampanye public relations.
- Peserta pelatihan mampu menggunakan teknik PR dalam membangun image perusahaan sehingga mampu membangun opini masyarakat tentang keberhasilan perusahaan.
- Peserta pelatihan mampu menyusun perencanaan yang tepat dalam aktifitas perencanaan pemanfaatan media untuk kampanye public relations.
Materi Pokok
- Konsep media planning dalam membangun citra perusahaan
- Tujuan dan kebutuhan dari perencanaan media
- Strategi pemilihan jenis media yang tepat dan cermat
- Identifikasi target audience yang akan dijangkau
- Strategi perumusan pesan kunci yang tepat sasaran
- Identifikasi faktor-faktor keberhasilan dalam kampanye public relations di media
- Strategi menentukan model komunikasi yang tepat untuk menyampaikan pesan, model yang dapat dipilih tersebut antara lain:
- Press releases
- Articles
- Customer Success Stories
- Letters to the Editor
- Press Conferences, Interview, or Media Tours
- Radio, Television, or Press Interviews
- Seminars or Speaking Engagements
- Event Sponsorship
- Strategi pengelolaan anggaran kampanye public relations di media
- Etika media planning
- Hambatan dalam menyusun strategic media planning
- Strategi melacak hasil kampanye public relations dan evaluasi
- Studi kasus dan diskusi



