Saat ini, pertumbuhan industri jasa keuangan khususnya perbankan semakin meningkat pesat. Namun hal ini juga diiringi dengan meningkatnya persaingan antar bank sehingga membuat nasabah menjadi semakin selektif dalam memutuskan akan menggunakan jasa bank apa di dalam setiap transaksinya. Oleh karena itu, pihak bank mau tidak mau harus mengembangkan produk dan layanannya agar mampu tetap bersaing dan terus meningkatkan pangsa pasarnya, serta diharapkan mampu melakukan inovasi sehingga konsumen semakin tertarik menggunakan jasa bank tersebut.
Tujuan
- Peserta pelatihan mampu mengidentifikasi tantangan dan peluang bisnis untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya.
- Peserta pelatihan mampu melakukan analisa dan evaluasi secara menyeluruh terkait aspek lingkungan internal dan eksternal organisasi sehingga mampu memberikan acuan baru dalam inovasi dan pengembangan produk dan layanannya.
- Peserta pelatihan mampu menyusun strategi dan kebijakan yang tepat dalam merespon perkembangan yang ada.
Materi Pokok
- Persaingan industri perbankan dan kondisi pasar saat ini
- Analisa kebutuhan nasabah
- Memahami perilaku konsumen dan faktor penyebab mereka membeli
- Konsep profitability, sustainability, dan risk dari produk bank kredit dan bisnis
- Memahami daur hidup dan siklus sebuah produk bank kredit dan bisnis
- Proses dan langkah penciptaan/pengembangan produk dan jasa kredit dan bisnis
- Customer orientation strategy
- Manajemen risiko produk bank kredit dan bisnis
- Market testing dan mengukur keberhasilan diterimanya produk bank kredit dan bisnis



