PT Anugerah Cipta Edukasi

Strategi Pengelolaan Litigasi Credit Remedial

Deskripsi

Satuan Kerja Penyelesaian Kredit Bermasalah atau dikenal dengan Non Performing
Loan (NPL) merupakan bagian dari keseluruhan suatu proses perencanaan bisnis suatu bank.
Peran Satuan Kerja Penanganan atau Penyelesaian NPL sangat penting dalam menentukan
tingkat keberhasilan bank.

Sehingga dibutuhkan keahlian dan teknik‐teknik yang jitu dalam proses penyelamatan
kredit bermasalah atau penyelesaian NPL. Dalam pelatihan yang diperuntukkan bagi satuan
kerja yang menangani penyelamatan kredit bermasalah atau penyelesaian NPL, para peserta
akan dibekali pengetahuan, wawasan dan pemahaman mengenai strategi penurunan NPL
serta pengukuran keberhasilan dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Tujuan

  • Memahami peran serta fungsi satuan kerja penyelesaian NPL terhadap bisnis bank secara keseluruhan. Siklus penyelamatan kredit bermasalah/macet
  • Faktor‐faktor penyebab kredit bermasalah
  • Memberikan pemahaman dan keyakinan kepada peserta dalam pengambilan keputusan atas strategi penanganan kredit bermasalah atau penyelamatan kredit bermasalah
  • Menganalisa aspek legal, sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan penyelesaian kredit yang telah dikategorikan sebagai kredit bermasalah
  • Tinjauan alternatif penyelesaian kredit, legal action serta memperkirakan keuntungan/kerugian dalam setiap alternative penyelesaian yang dipilih
  • Merencanakan langkah-langkah penyelamatan kredit/alternatif penyelamatan kredit bermasalah
  • Memahami proses litigasi dalam penyelesaian NPL
  • Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta akan mampu menyusun dan menjalankan penyelesaian kredit bermasalah secara lebih efektif, produktif dan efisien

Materi Pokok

  • Pengantar (Siklus Penyelamatan Kredit Bermasalah/Macet, Proses Inisiasi Kredit, Manajemen Risiko Kredit/Credit Risk Management)
  • Faktor-faktor Penyebab Kredit Bermasalah
  • Proses dan Strategi Penyelamatan Kredit Bermasalah (Eksaminasi Dokumen, Investigasi Lapangan, Evaluasi dan Observasi, Kesimpulan/Penentuan Strategi)
  • Merencanakan Langkah-langkah Penyelamatan Kredit/Alternatif Penyelamatan Kredit Bermasalah
  • Kompromi-Remedial (Restrukturisasi, Subrogasi, Novasi, AYDA)
  • Non Kompromi-Litigasi (Eksekusi Hak Tanggungan, Lelang Hak Tanggungan, Gugatan, Kepailitan, Proses Pidana)
  • Studi Kasus

Metode

  • Pre-test
  • Presentation
  • Discussion
  • Case Study
  • Post-test

Fasilitas Training

  • Training Amenities
  • Training Kit (Tas, Hand out, Flashdisk, Block note, Pulpen, dll)
  • Certificate
  • Souvenir
  • 2x Coffee Break, 1x Lunch
Running minimal dengan – peserta yang mendaftar.

Bagikan Post:

Form Registrasi

Hubungi kami untuk informasi lebih cepat +6282 3246-8555.