PT Anugerah Cipta Edukasi

Strategi Diklat 4.0 dalam Mendukung Performance Pegawai

Deskripsi

Fenomena revolusi industri 4.0 ini membawa banyak pengaruh dimana semua lini tengah berlomba untuk melakukan digitalisasi agar tidak terlindas oleh teknologi yang terus berkembang. Di Era 4.0 ketatnya persaingan usaha saat ini kemajuan suatu perusahaan tak hanya ditentukan oleh perencanaan maupun strategi pemasaran semata, namun juga ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang ada didalamnya. Berdasarkan fakta ini maka diperlukan upaya peningkatan kualitas SDM yang berbasis pada kompetensinya. Industri perbankan, sebagaimana industri ataupun bidang usaha lainnya, sangat mengandalkan kemajuan usahanya pada kepada kesiapan sumber daya manusia yang akan mengelola kegiatan usahanya. Kesiapan sumber daya manusia sangat bergantung kepada sistem pengembangan kompetensi maupun skill dan knowledge yang dimiliki industri perbankan. Salah satu sarana yang pada umumnya dipergunakan perbankan untuk mengupgrade kemampuan sumber daya manusianya adalah dengan memiliki fasilitas Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) sendiri.

Salah satu inti pengelolaan SDM adalah bagaimana mengelola performansi SDM. Mengelola manusia dalam konteks organisasi, berarti mengelola manusia agar dapat menghasilkan performasi yang prima, sehingga dapat memberikan kontribusi yang optimal bagi organisasi. Performasi ini meliputi perilaku maupun hasil. Inilah sudut pandang performance management (PM). Performance management (PM) dapat dikatakan sebagai suatu proses strategis dan terpadu yang dapat menunjang keberhasilan organisasi melalui pengembangan performansi SDM.

Tujuan

  • Dapat merancang program pendidikan dan pelatihan secara efektif di era 4.0
  • Memahami bagaimana menentukan ukuran keberhasilan fungsi pendidikan dan pelatihan di perusahaan
  • Peserta mampu mengidentifikasi kelemahan sistem penilaian kinerja yang dimiliki perusahaan dalam rangka mengikuti perkembangan industri 4.0
  • Peserta mampu memonitoring dan mengelola performance sepanjang tahun
  • Peserta mampu mendesain langkah-langkah untuk memperbaiki sistem pengelolaan kinerja di perusahaan

Materi

  1. Penetapan Program, Kegiatan dan Prosedur Pendidikan Pelatihan di era 4.0
  2. Review dan Penetapan visi, misi dan nilai-nilai unit Diklat
  3. Penetapan Strategi Perusahaan di era 4.0
  4. Penetapan Kebijakan Dan Peraturan Unit Pelatihan di era 4.0
  5. Penyusunan Perencanaan Tahunan
  6. Perencanaan tahunan: Informasi yang diperlukan
  7. Identifikasi Kebutuhan Pelatihan (Training Needs Analysis)
  8. Penetapan Sasaran Pelatihan
  9. Penyusunan Perancanaan Tahunan Pelatihan
  10. Program Pengembangan Karyawan di era 4.0
  11. Management Development Review
  12. Penyusunan program Pengembangan Karyawan
  13. Evaluasi Efektivitas Pelatihan
  14. Metode Evaluasi Pelatihan
  15. Kirkpatrick Model
  16. Pengaruh Keterbatasan Sumber Daya Terhadap Jadwal Kegiatan
  17. Paradigma baru di era 4.0 dan tantangan terkini dalam pengelolaan kinerja SDM.
  18. Mengidentifikasi kesalahan dalam mendesain manajemen kinerja.
  19. Konsep Balance scorecard & Pengelolaan
  20. Teknik menentukan langkah-langkah dalam mengembangkan dan mendesain manajemen kinerja di era 4.0
  21. Teknik penyelarasan antara tujuan organisasi dengan tujuan unit bisnis dan personalnya.
  22. Teknik membangun komitmen dari bawahan dan pengelolaan KPI di era 4.0
  23. Teknik komunikasi dalam Pengelolaan kinerja, coaching dan counseling
  24. Dokumentasi dan pengelolaan Kinerja
  25. Penilaian, revisi sasaran, dan diskusi kinerja

Metode

  • Pre-test
  • Presentation
  • Discussion
  • Case Study
  • Post-test

Fasilitas Training

  • Training Amenities
  • Training Kit (Tas, Hand out, Flashdisk, Block note, Pulpen, dll)
  • Certificate
  • Souvenir
  • 2x Coffee Break, 1x Lunch
Running minimal dengan 4 peserta yang mendaftar.

Bagikan Post:

Form Registrasi

Hubungi kami untuk informasi lebih cepat +6282 3246-8555.