Pentingnya uraian pekerjaan (job description) tidak perlu diragukan lagi, terlebih jika perusahaan semakin berkembang dan jumlah karyawan semakin meningkat. Hal ini sangat terasa terutama bagi mereka yang sehari-hari menggeluti bidang sesuai regulasi. Sayangnya masih banyak perusahaan, baik lokal maupun multinasional belum memiliki uraian pekerjaan yang benar-benar kompatibel bagi organisasi usahanya. Melalui pelatihan ini akan membantu mengatasi masalah overlapping pekerjaan. Pelatihan ini menjelaskan secara praktis bagaimana sebaiknya membuat suatu uraian pekerjaan sehingga berbagai informasi penting yang ada di dalamnya mudah dipahami dan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk keperluan perusahaan. Pelatihan ini juga dilakukan secara gamblang sehingga mudah dimengerti karena dikembangkan berdasarkan pengalaman praktis di perusahaan. Model pembelajaran yang berhasil akan menjadi pola dalam pelatihan ini.
Tujuan
- Mengerti konsep dasar mengenai job deskripsi
- Memahami bagaimana kaitan antara uraian pekerjaan dengan fungsi lain di bidang sesuai regulasi
- Memahami berbagai kegunaan uraian pekerjaan secara praktis
- Mampu menguraikan langkah-langkah menulis uraian pekerjaan
- Mampu mengimplementasikan langkah-langkah menulis uraian pekerjaan
- Mampu mengatasi hambatan pada saat penulisan uraian pekerjaan
- Dapat dipraktekkan oleh perusahaan dengan penyesuaian kondisi perusahaan
Materi Pokok
- Konsep job deskripsi dan pengertian job deskripsi
- Visi, misi dan tujuan perusahaan & budaya perusahaan
- Fungsi job deskripsi dan pembentukan tim job deskripsi
- Penetapan sasaran dan penentuan format job deskripsi
- Implementasi job deskripsi
- Penulisan job deskripsi dan format job deskripsi
- Analisa jabatan dan pelaksanaan analisa jabatan
- Penyusunan dan Evaluasi Struktur Organisasi
- Studi kasus dan pemecahan masalah tentang job deskripsi yang sukses
- Ketentuan Regulasi Organisasi
- Kepatuhan prosedur pemantauan dan evaluasi dalam penyusunan struktur organisasi
- Sistem prosedur organisasi