PT Anugerah Cipta Edukasi

Simulasi Business Continuity Management (BCM)

Deskripsi

Sesuai dengan perkembangan bisnis yang ada saat ini, maka kemampuan perusahaan
untuk mempertahankan kelangsungan usahanya sudah merupakan suatu keharusan dan
tidak dapat dipungkiri lagi. Berlatar belakang dari hal di atas, maka implementasi Business
Continuity Management (BCM) merupakan suatu elemen yang sangat penting dalam suatu
organisasi. Penerapan BCM harus mendapatkan dukungan dari Top Management, dan
dimulai dengan penetapan obyektif, identifikasi kebutuhan resources (minimum), dan target
yang akan dicapai. Sesuai dengan obyektif dan target yang sudah ditentukan, dan sejalan
dengan proses risk assessment, maka organisasi tersebut harus menentukan ancaman serta
dampak yang mungkin akan terjadi, serta mitigasi risiko yang diperlukan.

Keberhasilan implementasi BCM dalam suatu organisasi bukan hanya dilihat dari
keberhasilan ujicoba BCP, namun juga seberapa tinggi tingkat kepedulian/awareness dari
setiap personil dalam organisasi tersebut. Untuk itu aktivitas untuk menumbuhkan awareness
dari seluruh personil dalam suatu organisasi harus dilakukan secara berkala dalam bentuk
sosialisasi, simulasi, training, ataupun aktivitas permainan/games lainnya yang dibuat
semenarik mungkin.

Tujuan

  • Menentukan prinsip-prinsip dan konsep BCM.
  • Menerapkan bahasa dan syarat BCM dengan konsisten.
  • Menentukan hubungan antara risiko, kesinambungan, dan tata kelola.
  • Menentukan unsur-unsur proses BCM dan khususnya kebijakan dan strategi Business Continuity.

Materi Pokok

  • Introduction to BCM and Lifecycle approach
  • Identification of key business processes
  • PDCA “Plan-Do-Check-Act” approach to the Management system
  • Business Continuity Management Systems
    1. Establishing and managing the BCMS
    2. Suppliers and outsourced activities
    3. BCM policy
    4. Provision of Resources
    5. Training, awareness and competency
    6. Embedding BCM in the organization’s culture
    7. BCMS documentation and records
    8. Implement and operate the BCMS
    9. Monitor and review the BCMS
    10. Maintain and improve the BCMS
  • Risk Management Processes – FMEA, FMECA
  • Analysis of your Business
  • Assessment of Risk
  • Development of Strategy
  • Development of plan
  • Test your Plan

Peserta

  • Manajer baru yang bertanggung jawab terhadap manajemen risiko.
  • Praktisi Spesialis (audit, kepatuhan, OH&S, lingkungan, dll) yang ingin terus maju pada posisi manajemen risiko.
  • Pengawas garis depan dan manajer yang memerlukan pengetahuan dasar manajemen risiko.
  • Anggota manajemen risiko yang memerlukan Manajer risiko dari berbagai industri.
  • Manajer yang bertanggung jawab terhadap aspek risiko apapun.
  • Auditor Internal.
  • Personel di area manajemen risiko.

Metode

  • Pre-test
  • Presentation
  • Discussion
  • Case Study
  • Post-test

Fasilitas Training

  • Training Amenities
  • Training Kit (Tas, Hand out, Flashdisk, Block note, Pulpen, dll)
  • Certificate
  • Souvenir
  • 2x Coffee Break, 1x Lunch
Running minimal dengan – peserta yang mendaftar.

Bagikan Post:

Form Registrasi

Hubungi kami untuk informasi lebih cepat +6282 3246-8555.