Teknik menulis laporan yang efektif hanya dapat diperoleh melalui praktik. Semakin sering seorang staf menulis laporan — baik laporan reguler maupun laporan pekerjaan lainnya — belum tentu menjamin laporan tersebut disusun secara efektif. Terdapat berbagai metode dan cara dalam menulis laporan yang efektif untuk keperluan manajerial. Laporan yang baik akan mencerminkan kinerja penulisnya dan tentunya berpengaruh terhadap pengembangan karier di masa mendatang.
Laporan yang baik harus jelas, objektif, dan tepat sesuai dengan tujuannya. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai teknik penulisan laporan menjadi penting untuk dipelajari oleh setiap karyawan. Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan mengenai teknik penulisan laporan yang efektif, khususnya bagi mereka yang menduduki posisi sekretaris.
Tujuan
- Peserta pelatihan dapat memahami dan terampil dalam membuat perencanaan laporan, melakukan analisis permasalahan, dan menulis laporan secara tepat.
- Peserta pelatihan dapat membuat laporan pekerjaan yang efektif dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan.
Materi Pokok
- Jenis-jenis laporan manajerial.
- Mengenali pembaca laporan.
- Persiapan penulisan.
- Proses perencanaan laporan.
- Proses persiapan sebelum membuat laporan.
- Proses pembuatan laporan.
- Cara menyusun laporan.
- Cara membuat berbagai macam laporan.
- Hal yang boleh dan dilarang dalam menyusun laporan.
- Studi kasus.
- Praktik membuat laporan.



