Pelatihan Procurement and Purchasing Management adalah pelatihan yang akan membahas seputar proses pengadaan kebutuhan perusahaan, seperti material, produk dan layanan jasa yang di dukung oleh sistem & prosedur Procurement/Purchasing yang terintegrasi, terstruktur, akuntabel, & transparan. Dalam proses implementasi di lapangan seringkali timbul kendala, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga & ketersediaan pasokan, seleksi supplier/ vendor yang bermasalah, miskomunikasi, hingga supplier/ vendor yang wan prestasi terhadap order & kontrak.
Tujuan
- Peserta pelatihan mampu memahami konsep & implementasi dari Procurement / Purchasing Management secara menyeluruh.
- Peserta pelatihan mampu memahami kregulasi, administrasi, & prosedur procurement / purchasing management
- Peserta pelatihan mampu memahami mekanisme serta perbedaan procurement / purchasing lintas sektoral dan keterkaitan antara planning & realisasi order
- Peserta pelatihan mampu memahami strategi & metode untuk menganalisa penawaran & pemberian order kepada supplier/ vendor
- Peserta pelatihan mampu memahami proses identifikasi, analisa, usulan solusi, inovasi, & implementasi secara nyata
- Peserta pelatihan mampu memahami konsep & best practices terkini sehingga dapat diterapkan dalam keseharian tugas/ pekerjaan.
Materi Pokok
- Procurement & Purchasing Principles
- Strategic Sourcing
- Planning & Order Management
- e-Procurement System & Automation Transaction
- Listed Vendor Catalogue & Tender Management
- Vendor Selection Methods
- Comparative Bid Analysis, Purchase Order, & Work Order
- Key Performance Indicator & Vendor Evaluation
- Diskusi, studi kasus, & rencana implementasi