PT Anugerah Cipta Edukasi

Project Management Fundamentals

Deskripsi

Dirancang oleh project manager berpengalaman untuk para project manager, pelatihan selama 3 (tiga) hari ini akan mengikuti step-step dalam full life cycle manajemen proyek teknologi informasi. Ditargetkan untuk para project manager serius yang perlu menangani proyek-proyek yang sulit, pelatihan ini mencakup dasar-dasar manajemen proyek, termasuk penulisan requirement, work breakdown structure (WBS), dan tehnik perencanaan, serta memperkenalkan phase/gate reviews, work packages, risiko dan topik-topik advanced lainnya. Belajar mengembangkan cross-functional teams yang tangguh, membuat project scope statement yang solid, menangani perubahan dan scope yang sering berubah, dan tetap terus mendukung senior management. Pelatihan ini juga selaras dengan PMBOK Guide 5th 2013 (PMBOK Terbaru).

Pada pelatihan komprehensif ini, para peserta akan mempelajari dasar-dasar manajemen proyek: bagaimana menginisiasi, merencanakan, dan mengeksekusi sebuah proyek yang memenuhi tujuan proyek dan memuaskan para stakeholder.

Pelatihan ini menyediakan pedoman step-by-step perencanaan dan eksekusi proyek. Belajar melalui studi kasus yang dilengkapi dengan skenario dunia nyata, para peserta akan saling berinteraksi dengan peserta lainnya ketika mempelajari dan menerapkan metodologi dan good practices dari manajemen proyek yang formal.

Para peserta akan menemukan pendekatan-pendekatan dan tehnik-tehnik yang membantu project manager sukses, yang membahas topik-topik seperti:

  • Menganalisa stakeholders
  • Mendefinisikan ekspektasi
  • Mendefinisikan project deliverables
  • Menganalisa scope
  • Mengembangkan jadwal proyek
  • Melakukan mitigasi risiko
  • Membuat perencanaan kontingensi
  • Membangun dan menerapkan kontrol perubahan yang efektif
  • Melakukan pelaporan kinerja
  • Mengkomunikasikan status proyek ke para stakeholder proyek

Selama pelatihan, teori manajemen proyek akan dikombinasikan dengan praktik yang menggunakan pendekatan hands-on.

Tujuan

  • Mengelola proyek melalui setiap tahap dari life cycle manajemen proyek
  • Mendokumentasikan kebutuhan dan prioritas para stakeholder kunci
  • Membuat strategi eksekusi yang akan memenuhi harapan para stakeholder
  • Menyusun rencana proyek yang menyeimbangkan scope, waktu, biaya, dan risiko
  • Menilai kompleksitas proyek dan menganalisa scope ke degree of granularity yang sesuai
  • Membuat pengontrol proyek agar dapat memastikan outcome yang sukses
  • Melakukan monitoring kegiatan-kegiatan proyek dan menilai progress proyek secara efektif
  • Melaporkan status dan kinerja proyek secara efisien dan efektif
  • Mengumpulkan lessons learned dan membuat arsip proyek yang berguna bagi basis pengalaman milik organisasi

Materi Pokok

  1. Konsep Dasar Project Management
  2. Manajemen Proyek Formal versus Manajemen Proyek Informal
  3. Kerangka kerja Project Management Institute (PMI)
  4. Project Management Life Cycle
  5. Peran dari Manajer Proyek
  6. Dokumen Project Charter
  7. Identifikasi dan Assessment Stakeholder
  8. Progressive Elaboration
  9. Perencanaan dengan Memperhatikan Batasan Proyek
  10. Tujuan Proyek dengan Prinsip SMART
  11. Mengubah Tujuan-Tujuan Menjadi Requirements
  12. Melakukan Dekomposisi Requirement menjadi Work Breakdown Structure (WBS)
  13. Membuat Work Breakdown Structure Dictionary
  14. Prinsip-Prinsip Melakukan Estimasi Waktu dan Biaya
  15. Menganalisa Kerja dan Melakukan Estimasi Durasi Work Packages
  16. Menentukan Urutan Work Packages
  17. Penyusunan Network Diagram dan Analisa Critical Path
  18. Penganggaran Sumber Daya dan Pengontrolan Biaya
  19. Memastikan Semua Bidang-Bidang Tanggung Jawab Manajemen Dicantumkan dalam Dokumen Project Plan
  20. Melakukan Analisa Risiko Berdasarkan Probabilitas dan Impact Proyek
  21. Melakukan Mitigasi dan Merencanakan Kontingensi Risiko
  22. Mempersiapkan Baseline Scope, Waktu, dan Biaya
  23. Memperoleh Sign-Off dari Para Stakeholder
  24. Eksekusi, Monitoring, dan Pengontrolan
  25. Prinsip-Prinsip Team-Building dan Prioritasnya
  26. Pelaporan Status Proyek dan Kinerja Proyek
  27. Management by Exception
  28. Menginformasikan dan Melibatkan Para Stakeholder
  29. Mengarahkan Kinerja ke Rencana Baseline
  30. Pengontrolan Perubahan Terintegrasi
  31. Melakukan Transisi Produk atau Jasa
  32. Mengumpulkan Lessons Learned untuk Organisasi
  33. Laporan Akhir ke Para Stakeholder
  34. Manajemen Proyek Formal versus Non-Formal
  35. Menganalisa Para Stakeholder
  36. Mengkonversikan Tujuan-Tujuan yang Kabur Menjadi Tujuan-Tujuan yang SMART
  37. Membuat Work Breakdown Structure (WBS)
  38. Melakukan Estimasi Effort dan Durasi untuk Work Package
  39. Melakukan Pembuatan Network Diagramming dan Menentukan Jalur Kritis/Critical Path
  40. Melakukan Estimasi Biaya-Biaya Sumber Daya untuk Work Package
  41. Menganalisa dan Merencanakan Risiko
  42. Mengelola Perubahan Proyek
  43. Melakukan Review Lessons Learned

Metode

  • Pre-test
  • Presentation
  • Discussion
  • Case Study
  • Post-test

Fasilitas Training

  • Training Amenities
  • Training Kit (Tas, Hand out, Flashdisk, Block note, Pulpen, dll)
  • Certificate
  • Souvenir
  • 2x Coffee Break, 1x Lunch
Running minimal dengan – peserta yang mendaftar.

Bagikan Post:

Form Registrasi

Hubungi kami untuk informasi lebih cepat +6282 3246-8555.