Kunci keberhasilan bisnis suatu perusahaan dipengaruhi oleh kecermatan mengelola berbagai fungsi utama seperti; pemasaran, produksi, inventory, keuangan, HRD, litbang, supply chain, dan manajemen pengadaan/procurement. Procurement merupakan proses terintegrasi untuk memastikan ketersediaan supply bahan baku dan kebutuhan operasional perusahaan tersedia sesuai spesifikasi, tepat waktu, dalam jumlah yang ideal, kualitas terbaik, dengan harga yang kompetitif. Perencanaan strategis manajemen pengadaan meliputi: Identifikasi kebutuhan customer dan mitra kerja; manajemen pengadaan yang terencana dan terorganisir dengan baik; merancang strategi sourcing dan negosiasi yang baik; dan merancang sistem evaluasi kinerja para pemasok dan rekanan.
Tujuan
- Memahami konsep dan prinsip dasar procurement
- Memahami kode etik dan nilai moral dalam proses procurement
- Memahami proses administrasi dan prosedur procurement
- Memahami proses sourcing, negosiasi, dan seleksi pemasok
- Memahami proses evaluasi kinerja pemasok.
Materi Pokok
- Procurement Principles
- Procurement Process as per Organization Environment
- Sourcing Methods
- Negotiation Strategy
- Tender Management
- Legal Aspect and Contract Drafting
- Managing Supplier Performances
- Transparency and Accountability Principle