Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman menyeluruh kepada para profesional Human Capital, manajer, dan pimpinan unit kerja di bank umum terkait penyusunan struktur organisasi yang efektif dan tata kelola manajemen SDM yang selaras dengan strategi bisnis. Struktur organisasi yang tepat akan mendukung kejelasan peran, alur kerja, dan akuntabilitas, sementara tata kelola SDM yang baik akan memastikan proses rekrutmen, pengembangan, penilaian kinerja, hingga suksesi dilakukan secara terencana, transparan, dan berkelanjutan.
Pelatihan ini juga membahas pendekatan modern dalam desain organisasi (agile, matrix, digital), serta prinsip tata kelola SDM berdasarkan praktik terbaik dan regulasi sektor perbankan.
Materi Pokok
- Prinsip Dasar Penyusunan Struktur Organisasi
- Manfaat struktur organisasi bagi perusahaan
- Falsafah dan proses dasar penyusunan struktur organisasi
- Hubungan struktur organisasi dan job description
- Teknik Mendesain Struktur Organisasi
- Jenis dan bagan struktur organisasi
- Level dan Bagan Struktural
- Pengertian span of control
- Teknik menyusun struktur organisasi yang cocok bagi perusahaan
- Proses Penyusunan Job Description
- Analisis jabatan (job analysis)
- Teknik Penulisan Job Description
- Proses Rekrutmen dan Interview
- Penempatan sesuai kompetensi
- Pengelolaan dan Pengembangan Kualitas SDM BPR/S (POJK 19 Tahun 2023)
- Pengelolaan dan Pengembangan Kualitas SDM Bank Umum (POJK 24 Tahun 2022)
- Penilaian Kinerja Pegawai
- Balanced Scorecard (BSC)
- Penggunaan KPI dalam Perencanaan Kerja dan Penilaian Kinerja
- Praktik Simulasi Penilaian Kinerja


