PT Anugerah Cipta Edukasi

Penyusunan Rencana Bisnis Bank (RBB) Sesuai dengan SEOJK NOMOR 12 /SEOJK.03/2021 & NOMOR 14/SEOJK.03/2021

Deskripsi

Rencana Bisnis Bank (RBB) harus disusun dengan matang, realistis, dan komprehensif agar dapat menjadi arah kebijakan yang tepat untuk pengembangan usaha. GRC Capability Model v.3.0 banyak digunakan oleh bank-bank internasional sebagai referensi dalam menjalankan bisnis, dan sangat ideal digunakan dalam penyusunan RBB. Pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan untuk mengoptimalkan kualitas pencapaian RBB dengan menggunakan GRC Capability Model, serta memperhatikan faktor eksternal, internal, prinsip kehati-hatian, manajemen risiko, dan asas perbankan yang sehat.

Tujuan

  • Peserta mampu menyusun Rencana Bisnis Bank sesuai dengan SEOJK terbaru yang berlaku saat ini.

Materi

  1. Overview POJK dan SEOJK terkait Rencana Bisnis Bank (RBB)
  2. Teknik / Kerangka Penyusunan RBB Sesuai SEOJK Terbaru
  3. Penyesuaian Penyusunan RBB Sesuai SEOJK Terbaru
  4. Overview Peraturan Terkait Governance, Risk Management, Compliance
  5. Penyampaian Rencana Bisnis, Laporan Realisasi Rencana Bisnis, dan Laporan Pengawasan Rencana Bisnis Secara Daring melalui Sistem Pelaporan OJK (APOLO)
  6. Penyesuaian Format Proyeksi Laporan Keuangan Menjadi Mengacu pada Laporan Bank Umum Terintegrasi
  7. Penyesuaian Format Berdasarkan Kebutuhan Pengawasan Terkini, antara lain Perubahan Rasio dan Jenis Kegiatan Usaha yang Menjadi Fokus Rencana Pemberian Kredit
  8. Penyesuaian Format Rencana Penerbitan Produk dan/atau Pelaksanaan Aktivitas Baru yang Bersifat Strategis
  9. Cakupan Rencana Bisnis, yang Paling Sedikit Meliputi:
    • Ringkasan Eksekutif.
    • Kebijakan dan Strategi Manajemen.
    • Penerapan Manajemen Risiko dan Kinerja Bank Saat Ini.
    • Proyeksi Laporan Keuangan Beserta Asumsi yang Digunakan.
    • Proyeksi Rasio-Rasio dan Pos-Pos Tertentu Lainnya.
    • Rencana Pendanaan.
    • Rencana Penanaman Dana.
    • Rencana Penyertaan Modal.
    • Rencana Permodalan.
    • Rencana Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia.
    • Rencana Penerbitan Produk dan/atau Pelaksanaan Aktivitas Baru.
    • Rencana Pengembangan dan/atau Perubahan Jaringan Kantor.
    • Informasi Lainnya.
  10. Penyampaian Rencana Bisnis, Laporan Realisasi Rencana Bisnis, dan Laporan Pengawasan Rencana Bisnis secara daring melalui sistem pelaporan OJK (APOLO)
  11. Penyesuaian Format berdasarkan Kebutuhan Pengawasan Terkini
  12. Penyesuaian Format Rencana Penerbitan Produk dan/atau Pelaksanaan Aktivitas Baru yang Menjadi Bersifat Strategis
  13. Cakupan Rencana Bisnis untuk Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah (BUS dan UUS)

Metode

  • Pre-test
  • Presentation
  • Discussion
  • Case Study
  • Post-test

Fasilitas Training

  • Training Amenities
  • Training Kit (Tas, Hand out, Flashdisk, Block note, Pulpen, dll)
  • Certificate
  • Souvenir
  • 2x Coffee Break, 1x Lunch
Running minimal dengan 3 peserta yang mendaftar.

Bagikan Post:

Form Registrasi

Hubungi kami untuk informasi lebih cepat +6282 3246-8555.