PT Anugerah Cipta Edukasi

Pengelolaan Aset dan Inventaris

Deskripsi

Dalam sebuah perusahaan/instansi/lembaga memiliki berbagai manajemen, salah satu yang menjadi bagian penting adalah manajemen inventarisasi kantor, yang berupa barang dan aset perusahaan. Manajemen inventaris kantor merupakan hal keseharian yang bila tidak dikelola dengan baik dapat berubah menjadi masalah besar. Manajemen kantor dan arsip bermula dari pemilihan suatu sistem dasar, idealnya didasarkan oleh sistem 5S (lean office) yang pada prakteknya disesuaikan sesuai kebutuhan. Selanjutnya pengelolaan arsip dan aset, dalam hal ini mencakup master book lokasi aset, status aset, penomoran aset, memiliki kesamaan dengan pengelolaan arsip.

Pelatihan ini dirancang bagi mereka yang bertanggung jawab mengelola inventaris kantor, baik sebagai Office Manager, GA Officer, maupun Sekretaris. Pelatihan ini sangat cocok untuk para eksekutif perusahaan di tingkat operasional dan menengah, sehingga mereka dapat mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis global yang penuh tuntutan. Pelatihan ini juga sesuai dengan standar kompetensi dalam mengelola kantor, aset perusahaan, barang, arsip, dan waktu (time management) agar mampu meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan profesionalitas kerja.

Tujuan

  • Memahami persn manajemen inventarisasi barang dan asset perusahaan
  • Memahami pengelolaan arsip dan asset : lokasi aset, status aset, penomoran aset
  • Memahami inventarisasi dan auditing persediaan
  • Memahami sistem informasi dan komputerisasi sistem manajemen inventarisasi barang

Materi

  1. Peran Manajemen Inventarisasi Barang dan Aset Perusahaan
  2. Pedoman Umum Pengelolaan Arsip dan Inventaris Barang
  3. Prinsip Dasar Manajemen Kantor dan Filing Berdasarkan 5S (5R)
  4. Pengelolaan Inventarisasi
    • Pengertian Inventarisasi
    • Pelaksanaan Inventarisasi
    • Mutasi Barang
    • Pemberian Label dan Kode Barang
    • Penghapusan Barang
  5. Pengelolaan Arsip dan Asset
    • Lokasi Aset
    • Status Aset
    • Penomoran Aset
  6. Manajemen Aset dan Logistik dan Pengelolaan Inventory
  7. Manajemen Filing Modern : Penerapan E-Filing, Document Management, Manajemen Basis Data
  8. Pedoman Penyusunan Laporan Aset
  9. Studi Kasus

Metode

  • Pre-test
  • Presentation
  • Discussion
  • Case Study
  • Post-test

Fasilitas Training

  • Training Amenities
  • Training Kit (Tas, Hand out, Flashdisk, Block note, Pulpen, dll)
  • Certificate
  • Souvenir
  • 2x Coffee Break, 1x Lunch
Running minimal dengan 5 peserta yang mendaftar.

Bagikan Post:

Form Registrasi

Hubungi kami untuk informasi lebih cepat +6282 3246-8555.