Saat ini banyak perusahaan menaruh perhatian yang besar terhadap permasalahan penjualan kredit dan collection. Karena penjualan tinggi tidak akan berarti apa-apa apabila tidak dapat tertagih. Perusahaan dituntut untuk mampu menganalisa dengan baik calon pelanggan dan pelanggan tetap. Bagaimana karakter pelanggan untuk meminimalisir kerugian atas penjualan yang tidak tertagih. Dengan pengelolaan yang lebih profesional dan manusiawi, diharapkan akan mengatasi kredit dan penagihan tanpa menciptakan masalah baru.
Home » Management » Manajemen Pengendalian Kredit Dan Strategi Penagihan Hutang
Deskripsi
Tujuan
Pelatihan ini dirancang secara khusus untuk membekali konsep dan metode dalam pengelolaan piutang beserta sistem yang efektif dalam penagihannya sebagai bagian dari penataan arus kas di perusahaan.
Materi
- CREDIT CONTROL :
- Analisa faktor resiko kredit, tingkat resiko dan exposure
- Credit Terms, Limit dan Scoring
- Pemetaan Karakteristik Pelanggan dan Kepentingan Strategi Perusahaan
- Analisa dengan Laporan Keuangan dan tanpa Laporan Keuangan
- Analisa Kualitatif
- COLLECTION STRATEGY :
- Goals, Strategy dan Proses
- Keterkaitan antara Strategi Penjualan dan Penagihan
- Kebijakan dan Prosedur Penagihan
- Teknik-Teknik Penagihan (Telepon, Surat, dan Kunjungan)
- Aspek hukum
- Memahami Karakter Pelanggan
- Tipe-Tipe Pelanggan
- Teknik Menghadapi Berbagai Tipe Pelanggan
- Teknik Menghadapi Pelanggan Nakal
- Langkah-Langkah Efektif dalam Penagihan dan Menghadapi Keberatan Pelanggan
- Model Pengukuran Kinerja
- NEGOTIATION SKILL :
- Dasar Negosiasi
- Persiapan dan Proses Negosiasi
- Komunikasi yang Efektif
Metode
- Pre-test
- Presentation
- Discussion
- Case Study
- Post-test
Fasilitas Training
- Training Amenities
- Training Kit (Tas, Hand out, Flashdisk, Block note, Pulpen, dll)
- Certificate
- Souvenir
- 2x Coffee Break, 1x Lunch
Running minimal dengan 5 peserta yang mendaftar.