PT Anugerah Cipta Edukasi

Look, Ethics & Manner

Deskripsi

Rendahnya kualitas kesopanan dan tata krama antara insan perusahaan akan menjadi pengganggu yang serius di tempat kerja. Ketidaksopanan di tempat kerja berdampak buruk dan berpotensi menciptakan organisasi dengan stres tinggi. Perilaku kasar di tempat kerja, komentar kasar, mempermalukan di depan umum, intimidasi, berteriak pada satu sama lain, fitnah, bullying, diskriminasi, pelecehan, dendam, benci, serta sikap dan perilaku tidak sopan yang lainnya; pasti akan meningkatkan kecemasan, ketakutan, depresi, stres, absensi, dismotivasi, penurunan kualitas kerja, penurunan kepuasan kerja, penurunan omset bisnis, dan hilangnya kemampuan karyawan untuk memenuhi tujuan kerja mereka.

Ketidaksopanan di tempat kerja akan menghambat proses komunikasi dan kolaborasi. Dampaknya, perusahaan tidak akan mendapatkan kualitas kerja yang baik; pelanggan tidak akan mendapatkan kualitas pelayanan yang baik; kepemimpinan sulit mengambil keputusan yang tepat, karena informasi dan data dari karyawan pasti berkualitas rendah; karyawan tidak akan mampu berkontribusi dengan baik, karena stres mencegah mereka untuk berpikir jernih di tempat kerja; dan energi gosip akan menguasai semua dimensi kerja. Selanjutnya, energi negatif akan menciptakan konflik berkepanjangan yang menjauhkan hubungan kerja positif diantara insan perusahaan.

Ketidaksopanan di tempat kerja akan menghilangkan loyalitas insan perusahaan kepada perusahaan; akan menghilangkan kemampuan manajer untuk mengelola unit kerja dan tanggung jawabnya dengan produktif; akan menjadikan semua orang di dalam perusahaan menderita secara batin dan fisik; akan menjadikan orang-orang menguras tenaga dan waktu hanya untuk melayani emosional stres diantara satu sama lain; dan akan menjadikan orang-orang tidak produktif, karena menderita oleh stres yang tinggi.

Program pelatihan selama dua hari ini akan membangun budaya perilaku kesopanan dan tata krama. Peserta akan diberikan panduan untuk meningkatkan kesadaran agar dapat memiliki perilaku positif yang menciptakan kebaikan, kesopanan, dan tata krama di tempat kerja. Peserta akan diberikan panduan dan kesadaran untuk menciptakan lingkungan kerja dengan sikap yang adil, etis, kasih sayang, peduli, empati, kreatif, produktif, saling menghormati, saling membantu, dan bersaing dengan positif untuk menciptakan keberhasilan organisasi.

Tujuan

  • Mengelola hubungan interpersonal di internal perusahaan.
  • Membangun kesadaran untuk meningkatkan kesopanan di tempat kerja.
  • Membangun budaya interaksi positif dan menghormati antara karyawan, manajer, pelanggan, dan pemangku kepentingan yang lainnya.
  • Meningkatkan keterampilan komunikasi dan metode resolusi konflik.
  • Membangun lingkungan kerja yang sehat dan berkualitas untuk mendukung pencapaian kinerja terbaik.
  • Meningkatkan kesadaran untuk mengurangi stres dan mencapai kegembiraan di tempat kerja.
  • Mengembangkan mindset positif untuk menciptakan hubungan kerja yang saling meningkatkan kualitas kerja.
  • Bertanggung jawab untuk menciptakan perilaku sopan santun di tempat kerja.

Materi Pokok

Sesi 1: Kesadaran untuk Berperilaku Sopan di Tempat Kerja

  • Pencerahan dan motivasi tentang tema pelatihan
  • Memahami tujuan pelatihan
  • Dampak negatif dari perilaku tidak sopan
  • Memahami energi sukses dari perilaku sopan dan etis di tempat kerja
  • Cara menangani kepribadian negatif
  • Kerugian perusahaan dan pribadi atas perilaku tidak sopan
  • Keuntungan perusahaan dan pribadi atas perilaku sopan
  • Studi kasus
  • Diskusi dan tanya jawab

Sesi 2: Efektivitas Etiket Kerja dan Manfaatnya

  • Niat baik dan kemauan untuk menjadi energi positif di tempat kerja
  • Cara mengekspresikan kebaikan dan sopan santun
  • Menghormati dan menunjukkan respek kepada setiap orang
  • Keterlibatan di semua proses kerja dengan ikhlas dan tulus
  • Menjadi pribadi dengan persepsi dan logika berpikir yang etis
  • Ketidaksopanan adalah biaya yang tidak terlihat
  • Kesopanan adalah keuntungan dan kebahagiaan
  • Berbagai akar penyebab dari ketidaksopanan
  • Cara mengatasi ketidaksopanan dan cara menjalankan etiket kerja yang berkualitas
  • Studi kasus
  • Tanya jawab

Sesi 3: Resolusi Konflik dan Menemukan Akar Penyebabnya

  • Resolusi konflik dengan kolaborasi dan saling pengertian
  • Resolusi konflik dengan persaingan sehat dan positif
  • Resolusi konflik dengan tidak saling mencurigai dan mengganggu
  • Resolusi konflik dengan mengisi kekurangan dan saling membantu
  • Resolusi konflik dengan saling menghindari perilaku tidak sopan
  • Meneliti penyebab konflik dan perilaku tidak sopan
  • Mendapatkan akar penyebab konflik
  • Membangun mindset dan perilaku yang memaafkan dengan tulus
  • Memantafkan resolusi konflik di tempat kerja dengan kekuatan positif
  • Studi kasus
  • Tanya jawab

Metode

  • Pre-test
  • Presentation
  • Discussion
  • Case Study
  • Post-test

Fasilitas Training

  • Training Amenities
  • Training Kit (Tas, Hand out, Flashdisk, Block note, Pulpen, dll)
  • Certificate
  • Souvenir
  • 2x Coffee Break, 1x Lunch
Running minimal dengan 5 peserta yang mendaftar.

Bagikan Post:

Form Registrasi

Hubungi kami untuk informasi lebih cepat +6282 3246-8555.