Me-loby dan bernegosiasi adalah tugas dari seorang pemimpin perusahaan. Salah satu tugas penting pemimpin adalah mencapai kesepakatan dengan berbagai pemegang kepentingan (stakeholder) yang terkait dengannya, khususnya pihak-pihak di luar organisasi. Baik dalam kaitan dengan penjualan, perizinan ataupun kesepakatan-kesepakatan bisnis lainnya. Untuk dapat mengoptimalkan posisi perusahaan di dalam transaksi tersebut, maka tidak cukup seorang manajer hanya mempersiapkan diri di dalam proses formalnya (negosiasi), ia juga perlu menguasai prinsip-prinsip dan keterampilan dalam melakukan lobbying. Sehingga proses transaksi dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan citra yang baik bagi pihak-pihak luar perusahaan. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman mengenai langkah-langkah yang tepat dalam melakukan loby dan negosiasi untuk para manajer.
Tujuan
- Memahami konsep keterampilan me-loby dan negosiasi.
- Memahami prinsip-prinsip me-loby dan negosiasi.
- Menguasai dan mampu mengembangkan teknik-teknik negosiasi secara efektif.
- Mampu menggunakan prinsip komunikasi yang tepat dalam bernegosiasi.
Materi Pokok
- Konsep dan Pengertian Loby dan Negosiasi
- Persiapan Lobbying dan Negosiasi
- Aspek Komunikasi
- Teknik Negosiasi
- Praktik Negosiasi
- Kendala-kendala dalam Loby dan Negosiasi



