Komunikasi yang baik kepada auditee dalam penugasan audit sangat dibutuhkan oleh
seorang auditor internal agar dari komunikasi tersebut hasil audit yang diinginkan dapat
tercapai. Dan seorang auditor setelah melakukan kegiatan audit harus memonitoring tindak
lanjut/rekomendasi yang diberikan kepada auditee, untuk kemudian melaporkan kepada
manajemen atas hasil audit yang dilakukan.
Tujuan
- Meningkatkan efektivitas berkomunikasi dalam proses audit
- Menjelaskan pengertian, arti penting, proses komunikasi, dan faktor-faktor manusia dalam komunikasi
- Menjelaskan persiapan diri dalam berkomunikasi, ekspresi diri yang efektif, dan cara membangun hubungan dengan orang lain
- Melakukan komunikasi efektif, empatik, dan persuasif, mendengarkan secara aktif, dan memahami bahasa tubuh
- Menjelaskan pelaksanaan komunikasi intern dalam satu tim, antara auditor dengan auditan, serta komunikasi auditor dengan pihak lain yang terkait
- Melakukan teknik wawancara, presentasi, dan komunikasi audit tertulis
- Menjelaskan pengertian, sumber, bentuk, dan proses komunikasi serta faktor-faktor manusia dalam komunikasi
Materi Pokok
- Pendahuluan
- Konsep dan Prinsip Komunikasi
- Dampak Negatif Gagalnya Komunikasi Interpersonal di Perusahaan
- Faktor-Faktor Penyebab Masalah Komunikasi Interpersonal di Perusahaan
- Pentingnya Interpersonal Communication Skill dengan berbagai pihak: pimpinan, rekan kerja, bawahan, customer, supplier, atau pihak eksternal lainnya
- Pengertian dan Konsep Komunikasi Audit
- Manfaat Komunikasi dalam Audit
- Proses Komunikasi
- Jenis-Jenis Komunikasi
- Bentuk dan Teknik Komunikasi dalam Audit
- Faktor Penting dalam Komunikasi
- Mempersiapkan Diri dan Membangun Hubungan dengan Pihak Lain
- Persiapan Berkomunikasi
- Mengekspresikan Diri Secara Efektif
- Membangun Hubungan dengan Orang Lain
- Komunikasi Efektif, Empatik, dan Persuasif
- Komunikasi Efektif, Empatik, dan Persuasif
- Mendengarkan Secara Efektif
- Memahami Ekspresi Wajah dan Bahasa Tubuh
- Komunikasi Selama Pelaksanaan Audit
- Komunikasi Internal Tim
- Komunikasi Antar Internal Auditor dan Auditan
- Komunikasi Auditor dengan Pihak Lain yang Terkait
- Teknik Komunikasi Audit
- Teknik Wawancara
- Teknik Presentasi
- Teknik Komunikasi Tertulis
- Teknik Komunikasi Menghadapi Konflik
- Pengertian Konflik
- Sumber Konflik
- Bentuk Konflik
- Mengelola Konflik



