Saat ini kompetisi bisnis yang semakin tajam menuntut perusahaan untuk terus melakukan inovasi-inovasi baru dan pengembangan ide-ide pemasaran agar mampu bersaing, bertahan dan unggul. Pada kondisi demikian sangat dibutuhkan komitmen yang kuat dari perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan kepuasan pelanggan, dan pemahaman yang mendalam tentang cara menyesuaikan diri dengan pasar yang terus-menerus berubah. Untuk itu diperlukan perencanaan strategis pemasaran yang dapat membantu untuk mengembangkan dan menjaga agar tujuan, keahlian dan sumber daya organisasi sesuai dengan peluang pasar yang terus berubah. Dengan perencanaan strategis pemasaran, perusahaan dapat membentuk dan menyempurnakan usaha dan produk perusahaan sehingga perusahaan dapat memenuhi target laba dan pertumbuhan.
Pelatihan ini akan menggali proses perencanaan pemasaran praktis, bagaimana menetapkan sasaran pemasaran, menyusun prioritas produk (service portofolio), mengembangkan strategi pemasaran, menciptakan rencana pemasaran satu tahun dan banyak hal tentang bagaimana merumuskan rencana pemasaran “dalam sebah kelompok kecil” di dalam even pelatihan.
Materi Pokok
- Conducting a marketing audit
- External audit
- Internal audit
- Competitive analysis
- Putting it all together
- Completing a SWOT analysis
- How to set marketing objectives
- Developing marketing strategies
- How To Prioritize Products / Services For Maximum Return
- Product Strategy
- Pricing Strategy
- Distribution Strategy
- Promotional Strategy
- Public Relations Strategy
- Advertising Strategy
- Direct Marketing Strategy
- Sales Strategy
- Services Marketing
- The one year marketing action plan
- Sample marketing plan
- Developing a comprehensive marketing program
- Marketing return on investment
- Marketing Budgets



