Leadership and Managerial ketika memimpin, tidak hanya mengarahkan orang untuk mencapai suatu tujuan, namun lebih dari itu, suatu upaya mengarahkan pencapaian tujuan dengan tetap mempertahankan keselarasan antar manusia, keselarasan dengan alam lingkungannya, dan selaras dengan Tuhan. Maka kepemimpinan yang sukses haruslah mengalami perubahan paradigma, dari mechanistic paradigm menuju holistic paradigm untuk menjawab tantangan turbulensi perubahan saat ini.
Manajemen (manajer/manajer lini, supervisor) adalah orang-orang pilihan perusahaan untuk menjalankan berbagai strategi, kebijakan dan operasional perusahaan, sehingga peran manajemen sangatlah penting dan menentukan kinerja perusahaan. Tetapi ada kalanya fungsi manajerial tidak dapat optimal karena personal yang menjabat sebagai manajer tidak dapat menjalankan fungsi leadership dengan baik.
Tujuan
- Meningkatkan pemahaman mereka tentang bagaimana cara mengelola dan memimpin orang dengan efektif, termasuk orang yang sulit atau bermasalah.
- Mendeskripsikan bagaimana cara menggunakan strategi kepemimpinan dalam rangka meningkatkan produktivitas anak buahnya.
- Mengembangkan keterampilan tertentu yang akan membantu mereka menyesuaikan gaya kepemimpinannya dengan kebutuhan anak buah dan tuntutan situasi.
Materi Pokok
- The Concept of Leadership & Management
- What, Why, Who, When, Where and How
- Leader vs Manager
- Leadership Abilities
- Leadership Framework
- Two Most Important Keys of Leadership
- Factors of Leadership
- Environment
- Leadership Models
- Leadership Styles
- Forces
- Leader Use of Consideration and Structure
- The Process of Great Leadership
- Power and Leadership
- Leading Self
- Self Analysis
- Self Development
- Time Management
- Visioning
- Getting to the Future
- The Steps of Goal Setting
- Supervising
- Inspiring Your Employees
- Handling People
- Communicating
- Motivating
- Influencing
- Resolving People Performance Problems
- Handling Conflicts (Win-Win)
- Create and Lead Teams
- Developing Teams
- Elements of a Team
- Team-player Styles
- Team Leadership
- Problems Team Face
- When to Build Teams
- Problem Solving & Decision Making
- Problem Definition
- Problem-Cause Analysis
- Finding Solutions
- Decision Making
- Leadership Assessment
- Personal Effectiveness
- Case Study



