Tinggi rendahnya penjualan akan sangat dipengaruhi oleh strategi marketing yang ditetapkan oleh perusahaan. Salah satu kunci dalam merancang sebuah strategi tersebut adalah kemampuan untuk mengetahui perilaku konsumen (customer behavior) sehingga produk yang akan dipasarkan dapat tepat sasaran dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Hal yang dapat diperoleh apabila kita mengetahui perilaku pelanggan adalah perusahaan dapat mengidentifikasi kapan, bagaimana, dimana dan mengapa seorang pelanggan membeli suatu produk. Oleh karena itulah, pelatihan menjadi sangat penting karena diharapkan peserta dapat mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan sebuah produk, selain itu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang tepat berdasar Customer Behavior.
Tujuan
- Peserta pelatihan dapat mengetahui perilaku konsumen sehingga dapat menggunakan strategi pemasaran secara tepat.
Materi Pokok
- Ruang lingkup strategi pemasaran
- Konsep dasar memahami perilaku konsumen (customer behavior)
- Model perilaku konsumen
- Proses pengambilan keputusan konsumen dalam pemilihan produk
- Faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pemilihan produk
- Analisa konsumen
- Penyusunan Strategi Pemasaran
- Studi kasus pemahaman perilaku konsumen
- Studi Kasus dan diskusi