Dalam era Global Trade dan Zona Perdagangan Bebas, Kita semua telah menyadari bahwa kurangnya pelayanan terhadap pelanggan yang dilakukan oleh para pemberi jasa akan berdampak positif terhadap berpindahnya nasabah ke bank lain, yaitu pelayanan dari kompetitor. Oleh karena itu, untuk terus meningkatkan kepuasan nasabah dan memelihara nasabah, setiap organisasi tentunya harus memiliki SDM yang berorientasi pada kepuasan nasabah. Hal ini menuntut lembaga perbankan untuk dapat terus meningkatkan standart pelayanan dalam kegiatan operasinya.
Kredit merupakan layanan jasa bank yang sampai saat ini masih menarik untuk dibiayai. Penyaluran kredit merupakan salah satu cara untuk menyebar risiko kredit bermasalah dengan melakukan penyaluran kredit yang lebih merata. Bisa dibayangkan bahwa potensi tingginya kredit bermasalah yang merugikan bila hanya menyalurkan kepada satu nasabah sebesar seratus juta rupiah, dibandingkan dengan menyalurkan kepada sepuluh orang nasabah dengan jumlah yang sama.
Faktor sumber daya manusia yang kompeten dalam hal ini sangat penting, yang mampu menciptakan peningkatan kualitas pelayanan melalui inovasi dan pengembangan baik di bidang transaksi operasional, pasar, kredit, likuiditas dan lainnya sebagaimana tuntutan Bank Indonesia. Selain itu, Bank juga perlu terlebih dahulu untuk mempersiapkan agar para pemangku jabatan strategis di organisasi perbankan segera memfasilitasi sarana dan prasarana serta pengetahuan yang baik. Persiapan yang baik dan memadai akan sangat mendukung proses pengembangan bisnis bank dengan baik dan prudent. Tentunya dengan kemamuan dalam membangun layanan jasa yang tepat kepada orang yang tepat dan di tempat yang tepat, ditambah memiliki staf marketing atau Account Officer yang tepat, maka pemasaran kredit akan berjalan efektif dan bisa terus berkembang secara sehat.
Tujuan
- Peserta memiliki pemahaman tentang peranan kredit sebagai bagian aktiva produktif yang memiliki potensi sebagai kredit yang memberikan kontribusi keuntungan
- Peserta memiliki pemahaman mengenai bauran pemasaran sebagai bagian penting yang harus dilakukan dengan meningkatkan daya saing dengan menciptakan Produk yang menarik, Suku bunga yang bersaing dan dapat dijangkau, Pelayanan yang nyaman dan Promosi penawaran yang memiliki manfaat bagi nasabah, sehingga memiliki nilai tambah yang dapat mendongkrak pemasaran layanan jasa
- Peserta mampu memperkirakan strategi dan berbagai kebijakan untuk merespon perkembangan yang akan terjadi dengan menggunakan sumber daya yang kompeten
- Peserta mampu menggali cara memahami dan menanggapi kebutuhan pelanggan
- Peserta mampu membangun mindset of success dalam bekerja
- Peserta memiliki pemahaman tentang strategi yang bisa diimplementasikan untuk memperbanyak prospek dengan menggunakan teknik-teknik marketing yang mengesankan
- Peserta mampu memahami kebutuhan pelanggan dan optimalisasi potensinya
Materi Pokok
- Memahami Siklus Pemasaran Kredit
- Memahami Karakteristik Target Pasar Kredit
- Memahami Analisis Pasar Kredit
- Memahami Segmentasi Pasar Kredit
- Memahami Perilaku Nasabah Kredit
- Memahami Bauran Pemasaran Kredit
- CSO sebagai Salah Satu Strategi Perusahaan
- Perilaku Customer Service Oriented
- Customer Service Oriented Enhancement
- Level Kompetensi CSO
- Customer Service dan Company Profit
- Customer Service NLP Approach
- Prinsip Persaingan Industri Perbankan dan Posisi Pasar
- Analisa Kebutuhan Nasabah Mengenai Kredit (Needs Analysis)
- Perilaku Konsumen dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pengambilan Kredit
- Konsep Segitiga Profitability, Sustainability dan Risk dari Pemberian Kredit
- Meningkatkan Daya Saing dengan Menggunakan Strategi Pemasaran (Market Intelligent)
- Mengenali Nasabah yang Sulit dari Awal
- Prinsip 5C untuk Meminimalkan Risiko Kredit Macet
- Pendekatan Nasabah untuk Penawaran Kredit
- Strategi Marketing Kredit



