Pemahaman atas tanggung jawab sosial pada umumnya masih sebatas charity, philanthropy, dan community development (comdev). Bahkan di banyak perusahaan kebijakan tanggung jawab sosial dibebankan kepada Departemen Humas. Padahal kegiatan CSR adalah suatu keputusan strategis yang menyeluruh. CSR adalah bertanggung jawab atas dampak ekonomis maupun sosial yang ditimbulkan perusahaan atau organisasi kepada para stakeholders internal dan eksternal, beserta lingkungan tempat perusahaan atau organisasi tersebut berada.
Salah satu kunci sukses keberhasilan dalam meningkatkan citra positif perusahaan adalah dengan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik baik untuk internal maupun untuk eksternal perusahaan. Namun tidak mudah bagi pihak perusahaan untuk menjalankannya. Sukses dalam menciptakan kepuasan pelanggan sangat tergantung dari tingkat keahlian seorang Public Relations.
Public Relations dan CSR merupakan dua elemen penting dalam membangun reputasi dan tanggung jawab sosial perusahaan. Masalah yang sering terjadi meliputi bagaimana menyampaikan pesan yang tepat, mengelola citra perusahaan, serta merancang dan melaksanakan program CSR yang efektif dan berdampak. Tanpa strategi yang efektif, perusahaan dapat menghadapi masalah reputasi dan kinerja. CSR sebagai bagian dari pertanggungjawaban sosial profitable company kepada stakeholder eksternal perlu dikelola dengan baik dan tepat, sehingga dihasilkan dampak yang meningkatkan branding maupun positioning perusahaan, khususnya di era global yang menekankan perlunya perusahaan yang ramah lingkungan.
Selain itu manajemen CSR harus mampu juga memberikan dampak positif terhadap stakeholder internal, dimana salah satunya adalah CSR haruslah sesuai dengan value chain operational perusahaan. Dalam pengelolaan CSR harus diinformasikan dan disampaikan dengan baik melalui Public Relation yang mana merupakan komponen penting dalam perusahaan yang terintegrasi dengan kebijakan publik atau layanan publik salah satunya kegiatan CSR.
Tujuan
- Mengerti dan memahami pentingnya program Corporate Social Responsibility (CSR) sesuai amanat UU No. 40/2007
- Memahami konsep dan strategi CSR yang baik, terutama berkaitan dengan perkembangan dan tantangan korporasi dewasa ini
- Memahami langkah pengembangan program CSR dan Pengembangan/Pemberdayaan Masyarakat (Community Development) sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi beragam pemangku kepentingan (multi-stakeholders)
- Meningkatkan pemahaman bagaimana tim CSR perusahaan memahami konflik kepentingan dengan menerapkan konsep kepuasan stakeholder Masyarakat
- Meningkatkan keterampilan dalam menerapkan manajemen CSR yang meliputi perencanaan strategis CSR dalam Strategy Map Perusahaan, implementasi program, dan evaluasi keberhasilannya
- Menerapkan teknik, tool dan format kerja di tempat kerja masing-masing mulai dari membuat perencanaan program CSR, memonitor dan mengevaluasi, membuat pelaporan, hingga memobilisasi beragam sumber dan stakeholder lokal dalam perencanaan dan penerapan agenda pemberdayaan masyarakat
- Meningkatkan keterampilan dalam membuat laporan CSR yang bersifat sustainable development dan juga melalui PR yang berkesinambungan
Materi Pokok
- Introduction
- Pengertian Corporate Social Responsibility (CSR)
- Konsep Dasar penerapan CSR
- Alasan perlunya menerapkan CSR
- Manfaat CSR
- Hubungan CSR dengan Good Corporate Governance
- Pengantar Kehumasan dan CSR
- Strategi dan Implementasi Kehumasan
- Ruang Lingkup Manajemen CSR
- Stakeholder Satisfaction dan pengembangannya
- Bentuk – Bentuk program CSR
- Konsep CSR
- Konsep Comdev
- Konsep Charity Program
- Identifikasi dan penyusunan program CSR
- Perencanaan: Design program efektif & optimal
- Mekanisme pemantauan, indikator keberhasilan dan log frame dalam merancang program CSR yang berkelanjutan
- Implementasi, Evaluasi dan Pelaporan
- Pengembangan konsep CSR ke CSM (Customer Social Management)
- Strategi pelaksanaan
- Menentukan target khalayak
- Bekerjasama dengan media
- Event management
- Social Mapping for CSR
- Pengembangan KPI CSR
- Program Public Relation
- Communication
- Public Speaking dan MC
- Media Relation
- Press Conference
- Antisipasi dan solusi hambatan pelaksanaan program CSR
- Diskusi kasus dan pembahasan
- Action plan program CSR: penerapan program CSR bagi tiap-tiap perusahaan
- Implementation of Sustainable Development in the Business Sector & Corporate Social Responsibility (CSR)
- Introduction to CSR Disclosure & Sustainability Reporting
- GRI Reporting Cycle, Profile, Standard Disclosures & Management Approach
- Big Pictures on our Planet & Basic Concept of Sustainable
- Reporting on Economic Performance and Case Study
- Reporting on Environmental Performance and Case Study
- Reporting on Product Responsibility and Labor & Decent Work Performance and Case Study
- Reporting on Human Right and Society Performance and Case Study
- Reporting on Human Right & Society Performance & Case Study
- Writing and Managing Sustainability Reporting
- Redrafting and Checking of your Report Writing