Pengukuran kinerja sangat diperlukan untuk mengevaluasi apakah strategi perusahaan telah dijalankan dengan baik melalui program-programnya secara ‘cascading down’ dari level strategis sampai ke level operasional. Balanced Scorecard merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk mensinkronkan program dan kegiatan perusahaan dengan visi dan strategi organisasi, meningkatkan komunikasi internal dan eksternal, serta memantau kinerja organisasi.
Pada prinsipnya, Balanced Scorecard adalah konsep yang merupakan penerjemahan strategi dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan dalam jangka panjang, yang kemudian diukur dan dimonitor secara berkelanjutan. Metode Balanced Scorecard menyediakan metode pengukuran kinerja yang mengkombinasikan pengukuran tradisional yang menggunakan parameter finansial dengan pengukuran yang bersifat non-finansial secara seimbang, melalui empat perspektif, yaitu: perspektif finansial, pelanggan, proses bisnis internal, dan pertumbuhan & pembelajaran.
Pelatihan ini akan membahas bagaimana langkah-langkah pengukuran kinerja berdasarkan prinsip Balanced Scorecard, kesulitan dan kelebihannya, serta studi kasus dari best practice perusahaan yang telah mengaplikasikan BSC.
Tujuan
- Peserta memahami metode Balanced Scorecard dan berbagai perspektif dalam Balanced Scorecard
- Peserta dapat mengetahui dan memahami pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard
- Peserta dapat menyusun dan mengaplikasikan pengukuran Kinerja (KPI) Perusahaan, Departemen, dan Personal/Individual berdasarkan metode BSC
Materi Pokok
- Ruang Lingkup Pengukuran Kinerja dalam Perusahaan
- Pengukuran Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard (BSC)
- Menyusun Strategi dengan BSC
- Memahami Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan
- Model-Model Pengukuran Kinerja
- Kelebihan dan Kekurangan Model Pengukuran Kinerja
- Konsep Dasar Balanced Scorecard
- Pengenalan Metode BSC
- Finance Perspective
- Customer Perspective
- Business Process Perspective
- Learning and Growth Perspective
- Keuntungan dan Hambatan Aplikasi BSC
- Benchmark Perusahaan yang Sudah Mengaplikasikan BSC
- Merumuskan Visi, Misi, dan Strategi Perusahaan
- Menyusun Perencanaan Strategi (Strategy Maps)
- Merumuskan Target dan Pengukuran (Key Performance Indicator)
- Cascading Down BSC
- Menyusun Pengukuran Kinerja (KPI) Perusahaan
- Menyusun Pengukuran Kinerja (KPI) Departemen Perusahaan
- Menyusun Pengukuran Kinerja (KPI) Individu
- Praktek dan Studi Kasus