Analisis pasar merupakan suatu penganalisasian atau penyelenggaraan untuk mempelajari
berbagai masalah pasar. Analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya
pasar dan karakteristik pasar. Pada dasarnya, analisa pasar dilakukan untuk mengetahui
seberapa besar peluang pasar yang bisa dinikmati oleh pebisnis. Peluang itu hanya bisa
dinikmati jika pebisnis mau melakukan usaha tertentu yang memancing peluang dalam pasar.
Sebelum melakukan usaha apapun, setiap bisnis biasanya membentengi dirinya dari segala
kemungkinan buruk yang mungkin akan dihadapi dalam menjalankan bisnis.
Analisa tidak hanya dilakukan untuk mengetahui besarnya potensi keuntungan yang bisa
diraih, analisa juga mencakup berbagai macam faktor pendukung yang bisa mempengaruhi
perilaku konsumen yang akan menjadi target produk atau jasa kita. Training ini akan
memberikan analisa komprehensif meliputi penilaian pangsa pasar bank dan besar kecilnya
ukuran di lini bisnis kunci atau sektor serta prospeknya ke depan, produk bank yang sekarang
ada, perluasan pasar, dan keuntungan nyata lain yang dihasilkan dari penguasaan posisi pasar
bank (penentuan harga vs kekuatan pendanaan) baik di pasar nasional, pasar regional, atau
dalam segmen/sektor tertentu. Kerawanan posisi pasar bank juga dilihat dengan
membandingkan keuntungan kompetitif terhadap para pesaing sejenis.
Tujuan
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai
bagaimana menganalisa kekuatan pasar, dominasi pasar dan kekuatan merk,
customer demands (keinginan customer), customer ability (daya beli customer) dan
juga pemetaan kekuatan produk dalam perbankan.
Materi Pokok
- Analisa Pemasaran Sebagai Strategi Bisnis Industri Perbankan
- Strategi Penentuan Posisi
- Strategi Pelayanan Konsumen
- Strategi Penentuan Produk
- Target Pasar
- Promotion
- Pangsa Pasar
- Metode Pengumpulan Informasi dalam Kegiatan Analisa Pasar
- Metode Analisa SWOT
- Faktor-faktor Analisis Pasar
- Kebutuhan dan Keinginan Konsumen
- Segmentasi Pasar
- Target
- Nilai Tambah
- Masa Hidup Produk
- Struktur Pasar
- Persaingan dan Strategi Pesaing
- Ukuran Pasar
- Pertumbuhan Pasar
- Laba Kotor
- Pangsa Pasar
- Identifikasi Faktor Tambahan / Analisis Pertumbuhan



