Untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis perbankan yang lebih meningkat baik dari sisi produk funding atau kredit dalam era globalisasi dan perdagangan bebas yang terus berkembang, diperlukan peranan bank untuk meningkatkan potensi ekonomi di masing-masing daerah, sebagai daya ungkit peningkatan pertumbuhan bisnis daerah. Dalam rangka mendorong keberadaan kantor cabang bank di daerah-daerah yang membutuhkan jaringan pelayanan suatu bank, maka perlu adanya pemahaman terkait ketentuan mengenai akses dan keberadaan bank di suatu daerah. Pemahaman potensi ekonomi di daerah ini merupakan tolak ukur perkembangan ekonomi daerah, Bank sebagai salah satu pilar perusahaan ekonomi di daerah harus mampu mengikuti pola pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Sehingga setiap pertumbuhan ekonomi di daerah dapat didampingi oleh Bank. Prosedur dan tata cara analisa potensi ekonomi wilayah wajib dipahami oleh bank dan dapat dipelajari melalui suatu kegiatan pembelajaran.
Tujuan
- Peserta diharapkan mampu menganalisa dan mengidentifikasi berbagai peluang serta tantangan bisnis untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang menjadi bagian dari bisnis bank.
- Peserta juga diharapkan mampu mengevaluasi keseluruhan aspek lingkungan internal dan eksternal organisasi secara tepat.
- Peserta mampu memperkirakan strategi dan berbagai kebijakan untuk merespon perkembangan yang akan terjadi dengan menggunakan sumber daya yang kompeten, sehingga pertumbuhan bisnis bank akan lebih signifikan.
Materi Pokok
- Pengertian Pembangunan dan Pendapatan Regional
- Konsep Basis Ekonomi
- Analisis potensi ekonomi daerah
- Investasi
- Pengertian Investasi
- Jenis Investasi
- Keputusan Investasi
- Perkembangan Ekonomi Daerah
- Tingkat Pertumbuhan PDRB
- Kontribusi Sektoral PDRB
- Sektor Ekonomi Unggulan
- Perkembangan Investasi Daerah
- Prinsip Persaingan Industri Perbankan dan Posisi Pasar
- Analisa Kebutuhan Nasabah (Needs Analysis)
- Perilaku Nasabah dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah
- Konsep segitiga profitability, sustainability dan risk dari produk bank
- Meningkatkan daya saing dengan menggunakan strategi pemasaran



