PT Anugerah Cipta Edukasi

Non Performing Loan (NPL) and Strategy Assets Recovery

Deskripsi

Kredit bermasalah atau yang sering disebut sebagai Non Performing Loan (NPL) masih menjadi masalah besar yang masih sulit diselesaikan oleh lembaga keuangan perbankan maupun non perbankan. Non Performing Loan (NPL) merupakan salah satu indikator kunci untuk menilai kinerja lembaga keuangan, karena NPL yang tinggi adalah indikator gagalnya lembaga keuangan dalam mengelola risiko bisnis. Kenaikan kualitas pinjaman non produktif (NPL) akan memaksa Bank diwajibkan mengalokasikan dana yang dihimpun untuk memperbesar dana cadangan Penyisihan Penghapusan Aset (PPA) seperti yang diatur dalam PBI berikut perubahan terbaru tentang Penilaian Kualitas Aset, dan demi tingkat kesehatan suatu bank diharuskan menambah modal setor guna memperkuat struktur permodalannya. Otomatis, Bank dalam hal ini akan tergerus penghasilannya atau menurunnya Net Profit Margin (NPM) dan akan mengurangi kemampuan perbankan melakukan ekspansi kredit (ke sektor riil).

Tindakan diagnosa terhadap setiap case NPL yang berdasarkan data Mitigasi Risiko Kredit (MRK) sangat perlu suatu strategi penyelamatan kredit dalam bentuk keputusan yang cepat dan tepat untuk tujuan meningkatkan rasio Loss Given Default (LGD) dari Exposure of Default (EAD). Berdasarkan latar belakang tersebut, menyelenggarakan Workshop Manajemen Non Performing Loan (NPL) dan Strategy Assets Recovery.

Tujuan

  • Mengetahui tujuan, proses dan strategi dalam penyelamatan kredit dan penyelesaian kredit
  • Kemampuan dalam berkomunikasi dan menganalisis di dalam penagihan
  • Mengetahui proses penyelesaian kredit bermasalah
  • Mengetahui aspek hukum dalam penagihan kredit macet
  • Memahami karakter customer dan teknik menghadapinya
  • Langkah-langkah yang efektif dalam penagihan
  • Kemampuan menyusun strategi dalam bernegosiasi
  • Mengetahui proses penyelesaian utang untuk menghindari kepailitan
  • Syarat dan tata cara permohonan PKPU
  • Mengetahui dalam pengurusan harta pailit
  • Mengetahui berakhirnya kepailitan

Materi Pokok

  1. Diagnosa Kondisi Pinjaman Non Produktif (NPL)
    • Penilaian Kualitas Aset (PBI)
    • Rekonstruksi model pemberian kredit dan penyebab macet (NPL)
    • Team Turn Around
    • Restrukturisasi atau Likuidasi Jaminan
  2. Legal Audit dan Tindakan Non Litigasi
    • Teknik Membuat Legal Audit
    • Analisa Hak Kebendaan Atas Jaminan
    • Komunikasi hukum lewat surat
    • Tujuan, proses dan strategi
    • Penyelamatan kredit dan penyelesaian kredit
    • Komunikasi yang efektif kepada debitur di dalam penagihan
    • Mengelola dan menangani konflik di dalam penagihan pemberitahuan, peringatan, penagihan dan penyelesaian masalah
  3. Collection Strategy I & Study Case
    • Keterkaitan antara strategi penjualan dan penagihan
    • Teknik-teknik dalam meningkatkan efisiensi penagihan dalam menggunakan telepon, surat, dan kunjungan
    • Kemampuan komunikasi dan kemampuan menganalisis
    • Prosedur penyelesaian kredit bermasalah
    • Penagihan langsung oleh kreditur kepada debitur atau mengupayakan agar debitur menjual agunan kreditnya sendiri untuk pelunasan kreditnya
    • Aspek hukum dalam penagihan kredit macet
    • Memahami karakter customer dan teknik menghadapinya
    • Tipe-tipe customer dalam membayar kewajibannya
    • Analisis perilaku dan teknik menghadapi customer
    • Teknik menghadapi customer dengan berbagai macam karakter
    • Memahami setiap jawaban dari customer
    • Membedakan antara keberatan dan penghindaran
    • Mengembangkan teknik penagihan
  4. Collection Strategy II
    • Langkah-langkah efektif dalam penagihan dan menghadapi keberatan pelanggan
    • Resolusi Konflik
    • Strategi dalam bernegosiasi
    • Dasar-dasar keberhasilan dalam negosiasi
    • Persiapan negosiasi
    • Proses negosiasi
    • Mengembangkan pendekatan untuk hasil yang dapat dinegosiasikan
    • Memahami dan menindaklanjuti respon customer
  5. Kriteria Non Performing Loan (NPL) dan Debt Restructuring
    • Upaya perbaikan yang dilakukan oleh kreditur terhadap debitur yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajibannya
    • Penurunan suku bunga kredit
    • Perpanjangan jangka waktu kredit
    • Pengurangan tunggakan bunga kredit
    • Pengurangan tunggakan pokok kredit
    • Penambahan fasilitas kredit

Metode

  • Pre-test
  • Presentation
  • Discussion
  • Case Study
  • Post-test

Fasilitas Training

  • Training Amenities
  • Training Kit (Tas, Hand out, Flashdisk, Block note, Pulpen, dll)
  • Certificate
  • Souvenir
  • 2x Coffee Break, 1x Lunch
Running minimal dengan – peserta yang mendaftar.

Bagikan Post:

Form Registrasi

Hubungi kami untuk informasi lebih cepat +6282 3246-8555.