PT Anugerah Cipta Edukasi

Peran Humas Seiring Kemajuan TI dan Media Sosial serta Pengelolaannya

Deskripsi

Digitalisasi membawa perubahan besar dalam dunia perhumasan. Praktisi Humas Pemerintah harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), lebih dari sekadar pandai menulis – sebagai “tradisional skills” humas dan lincah berbicara (speaking skills). Sebaik apapun program yang dilakukan, apabila tidak dikomunikasikan dengan baik, maka tidak akan berdampak terhadap image lembaga.

Di era transparansi, masyarakat ingin terlibat langsung dalam setiap program yang diselenggarakan pemerintah. Oleh karena itu, penting untuk memiliki strategi dan keterampilan untuk mengaplikasikan strategi tersebut secara tepat.

Di era digital sekarang, tugas staf Humas Instansi/Perusahaan tidak jauh berbeda dengan staf marketing profesional. Kehadiran website dan media sosial menjadikan Humas dan Marketing sulit dibedakan. Keduanya memiliki tujuan yang sama: menyebarkan informasi, promosi, menjaga dan membangun citra, serta melayani audiens, bukan sekadar melayani konsumen atau publik.

Kemunculan konsep baru kehumasan, seperti Corporate Blogging, Corporate Journalism, dan Social Media Strategy membuat praktisi Humas familiar dengan teknik komunikasi melalui media baru (new media). Oleh karena itu, praktisi Humas Modern dituntut untuk memiliki kemampuan multimedia dan menguasai komunikasi di dunia maya (internet) yang tidak hanya mengandalkan teks, tetapi juga audio, video, foto, dan grafis.

Selain itu, praktisi Humas di era digital juga harus mampu menciptakan gimmick-gimmick yang menarik untuk melibatkan masyarakat dengan program yang diselenggarakan.

Tujuan

  • Memahami berbagai model media informasi dan jurnalistik, kekuatan, kelemahan, dan cara mengoptimalkannya.
  • Mampu mengelola berbagai media “kekinian” untuk mengkomunikasikan program-program dengan cara-cara yang sesuai dengan perilaku masyarakat di era digital.
  • Mampu menyusun strategi dan mengaplikasikan kampanye di sosial media menggunakan aplikasi sederhana yang mudah digunakan.

Materi

  • Peluang, Tantangan, dan Hambatan Humas Pemerintah di Era Digital
  • Mengenal Berbagai Media Komunikasi: Kekuatan dan Keunggulannya
  • Content Design: Mendisain konten yang disukai dan di-share oleh masyarakat
  • Creative Content: Penulisan kreatif yang menarik bagi masyarakat
  • Prime Time Sosial Media: Waktu terbaik untuk meng-upload materi di sosial media
  • Membuat Video Satu Menit untuk Sosialisasi Menggunakan Aplikasi Sederhana
  • Memahami Bahasa Visual: Menggunakan foto dan video dalam komunikasi

Metode

  • Pre-test
  • Presentation
  • Discussion
  • Case Study
  • Post-test

Fasilitas Training

  • Training Amenities
  • Training Kit (Tas, Hand out, Flashdisk, Block note, Pulpen, dll)
  • Certificate
  • Souvenir
  • 2x Coffee Break, 1x Lunch
Running minimal dengan 3 peserta yang mendaftar.

Bagikan Post:

Form Registrasi

Hubungi kami untuk informasi lebih cepat +6282 3246-8555.