Pemahaman literasi keuangan dan inklusi keuangan yang baik (well literate) akan meningkatkan kapabilitas individu maupun lembaga dalam mengelola serta memanfaatkan keuangan secara optimal. Hal ini menjadi sangat penting khususnya dalam peningkatan kualitas pelayanan lembaga keuangan serta penanganan pengaduan konsumen.
Pemahaman yang komprehensif mengenai literasi dan inklusi keuangan akan mempermudah implementasi dalam proses bisnis, baik pada tahap perumusan kebijakan, pelaksanaan operasional, maupun evaluasi kegiatan pelayanan dan perlindungan konsumen. Dengan literasi yang memadai, lembaga keuangan dapat membangun kepercayaan publik, meningkatkan kualitas layanan, serta memperkuat perlindungan terhadap konsumen.
MATERI POKOK
- Pentingnya edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan dan inklusi keuangan.
- Pelayanan prima dan mekanisme penyelesaian pengaduan konsumen.
- Strategi peningkatan literasi keuangan bagi masyarakat dan nasabah.
- Studi kasus implementasi literasi dan inklusi keuangan dalam pelayanan lembaga keuangan.



